HEADLINE

Deny M. Tadoe, S.Pt Memberikan Apresiasi & Himbauan Dalam Rangka Meperingati HUT RI yang Ke-77 Tahun

OELAMASI;Jejakhukumindonesia.com, Dalam rangka Memperingati HUT RI KE 77 Tahun pada tanggal 17 Agustus 2022 , seluruh warga masyarakat indonesia dimanapun berada selalu memperingati kemerdekaan Republik indonesia, dan tidak ketinggalan pula kami di NTT kushusnya diwilayah kecamatan kupang timur kabupaten kupang turut ambil bagian dalam memeriahkan kemerdekaan.


Camat Kupang Timur Deny  M. Tadoe ,S,pt.Ketika di temui media ini diruangan nya Deny mengatakan  Bahwa, kami dari awal sudah ada pembentukan  rapatdi  tingkat kecamatan bersama seluruh Kepala Desa dan Lurah Sekecamatan Kupang Timur. Senin ,15/08/2022)


" melalui suatu koordinasi hasil  rapat yang baik sehingga kami mempersiapkan untuk merayakan 17 Agustus 2022.

kita berusaha karena sudah beberapa Tahun belakangan ini  kita tidak melakukan Aktifitas kegiatan apapun,oleh karena itu di tahun ini sudah ada kelonggaran dari Tim Covid 19 Kabupaten kupang  dengan Kapolres agar Tahun ini kita bisa melakukan  peringatan HUT RI KE 77 Tahun 2022. 

Lanjutnya lagi  kita adakan Kegiatan-kegiatan yang sederhana untuk kepentingan masyarakat yang ada di Kecamatan Kupang Timur ,oleh sebab itu  kami sudah melalui satu kesepakatan untuk melakukan rapat kemudian kami tentukan dan sebenarnya ada 3 kegiatan yang kami ingin lakukan tetapi setelah itu kami memberikan permohonan ke Tim Covid-19 Kabupaten dengan Bapak Kapolres tetapi Bapak Kapolres hanya memberikan izin untuk 2 kegiatan yaitu kegiatan Drum Band dan  kegiatan seni tari budaya daerah. 

"oleh sebab itu siang ini kita dari pagi sudah melakukan persiapan untuk sebentar jam 14.00 siang kita akan melakukan seni tari antar  etnis dari Kecamatan Kupang Timur yaitu Tarian-tarian gong, menari, tarian likurai dan bermacam-macam tarian tradisional  dan semua Desa turut  berpartisipasi untuk ikut bahkan  semua anak sekolah mulai dari tingkat  SD dan SMP , SMA,SMK yang ada di Kecamatan Kupang Timur."jelas deny.


"Selanjutnya  yang sudah terdaftar  sekitar 50 peserta  dan sampai saat ini masih menunggu penambahan-penambahan ,dan saya belum melihat secara pasti penambahan sampai saat ini ada beberapa tetapi yang sudah pastikan tetap 50 peserta yang pasti akan tampil untuk dapat mengikuti  pentas seni budaya dan  perlombaan Drum Band, untuk Drum Band  ada dua SMA yang  ikut meramaikan acara tersebut yaitu SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 yang akan meriahkan HUT RI KE 77 Tahun pada tanggal 17 Agustus nanti. " ungkapnya. 


Untuk 17 Agustus nanti kita Upacaranya akan kami pusatkan  di Kecamatan Kupang Timur yaitu Lapangan yang sudah kita persiapkan  nanti 17 Agustus. 

untuk  itu ucaparanya tepat Jam 08.00 Pagi kita sudah memulai upacara utuk memperingati Dirgahayu kemerdekaan Republik indonesia .

karena Tahun ini baru kita memulai kegiatan sehingga untuk hadianya tidak ada, ini hanya bentuk partisipasi bagi seluruh masyarakat dan partisipasi ini sangat tinggi nilainya .

Lanjutnya lagi ,jadi rencana saya kalau memang Tahun ini semua partisipasi dan seluruh masyarakat meningkat maka saya akan membuat kegiatan  Tahun depan tersebut lebih baik dengan penambahan kegiatan yang akan di perlombaan. seperti  perlombaan Seni tari, dan budaya, Sepak bola , bola volly putra putri danlain lain "harap camat. 


Apresiasi untuk masyarakat secara khusus di Kecamatan Kupang Timur mereka memberikan apresiasi yang sangat positif sekali ,kemudian mereka juga antusias  karena memang sudah menanti beberapa Tahun belakangan ini tidak ada hiburan sama sekali dan sebenarnya kami juga ajukan untuk Karnafal tetapi karena dilihat dari situasi kondisi jalan yang padat dengan kendaraan  termasuk Jalan Negara ,

"sehingga dari Kapolres pertimbangkan kepada Bapak Camat untuk karnafal nanti kita coba seting di tahun depan sehingga kita mencari lokasi yang lebih aman karena ini jalan negara jadi kalau kita lakukan karnafal disini berarti menutup akses dari berbagai macam sudut, apa lagi 4 Kabupaten yang lalu lalang disini ,termasuk kota kupang sehingga pawai karnafal tidak kami ijinkan. " ungkapnya. 


Himbauan saya kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Kupang Timur yang pertama bahwa kita sebagai warga Negara yang baik kita harus mempuyai dedikasi  yang tinggi untuk kita memperingati 17 Agustus dengan aman dan damai. 

"yang kedua dengan adanya pentas seni budaya daerah dapat mempersatukan kita. 


Semua yang ada akan berusaha sedemikian rupa sehingga semuanya  kita jalankan dengan baik dan aman karena sebelumnya saya sudah menyampaikan kepada mereka bahwa kami melakukan  kegiatan ini tapi saya minta supaya seluruh warga masyarakat harus menjamin keamanan dan ketertiban inipun  mereka setuju dan mereka siap untuk menjaga keamanan.

"jadi saya harapkan supaya semua yang berada disini bisa saling membantu untuk menjaga keamanan, kedamaian dan ketentraman di Kecamatan Kupang Timur , sehingga kita bisa memperingati 17 Agustus dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan." harap camat. 


 Martinus Alnabe,Selaku Kepala Desa Tuapukan dan juga Ketua Panitia mengatakan bahwa  Untuk persiapan kami koordinasi bersama Bapak Kepala Desa yang ada di 8 Desa dan 5 Kelurahan dan menentukan partisipasi secara bersama sehingga dalam hal ini masyarakat kami mengundang untuk berpartisipasi merayakan kegiatan Hut RI yang Ke-77 tahun dan juga kami mengadakan pentas seni budaya daerah, ini menunjukan bahwa kegiatan-kegiatan seni-seni ini merupakan tradisi adat yang ada di wilayah kupang timur."jelas alnabe

Terkait dengan 2 Tahun terakhir Wabah Covid-19 melanda NTT tidak ada kegiatan, dan tentunya sudah ada kelonggaran dari Tim Satgas  dan juga meredahnya covid -19.

"panggung hiburan kesenian yang kita bangun ini supaya terbangun lagi relasi antara masyarakat  semua yang ada di Kecamatan Kupang Timur ,sehingga saling mengenal dan kita dapat keluar dari persoalan-persoalan yang selama ini kita alami."sebutnya.


"Harapannya bahwa lewat pentas seni yang ada dan Hut RI yang Ke-77 ini kita mengisi hari kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan panggung pentas seni yang dibangun ini harapannya kita saling mengenal budaya kita dan juga anak-anak yang akan tampil bahwa kita mengisi hari kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan berguna bagi generasi penerus bangsa ini."harap martinus. 


Terkait dengan Undangan atau respon dari pada masyarakat mereka sangat antusias untuk hadir dan mengisi acara ini dan lewat pentas seni ini mereka juga bisa  bersama-sama berkolaborasi untuk membangun dan juga melihat kegiatan-kegiatan ini secara baik tutup alnabe". (ram)

Baca juga