HEADLINE

2.656 Atlet Berlaga Porprov NTT tahun 2022

 

Kupang;Jejakhukumindonesia.com, akan berlaga dalam Pekan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Timur (Porprov NTT) tahun 2022. Mereka berasal dari 22 Kabupaten dan Kota di NTT.


Informasi tersebut disampaikan oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTT, Josef Nae Soi, Jumat (11/11/2022) di pelataran kantor KONI NTT.


Menurutnya, jumlah atlet tersebut tersebar pada 19 cabang olahraga (cabor). Untuk sementara, panitia masih terus bekerja memverifikasi jumlah cabor yang akan diikuti oleh masing-masing Kabupaten dan Kota.


"19 Cabor itu diluar sepak bola, karena sepak bola sudah ada El Tari Memorial Cup kemarin," ujar Nae Soi.


Nae Soi menjelaskan, seremonial pembukaan akan dilaksanakan esok, Sabtu (12/11/2022) pukul 17.00 WITA di Stadion Oepoi, Kupang. Porprov dijadwalkan berlangsung selama sepekan, hingga 18 November 2022 nanti.


Untuk venue yang akan digunakan dalam Porprov tahun ini sudah di siapkan. Khusus stadion Oepoi, kata Nae Soi, akan digunakan untuk cabor atletik. Sementara venue lain disiapkan di Unwira, Undana,  Pitoby Sport Center dan beberapa tempat lain.


Nae Soi menuturkan, pelaksanaan Porprov tahun ini sebagai bentuk persiapan menghadapi PON XXI dan juga persiapan NTT menjadi tuan rumah PON XXII.


Atlet peraih juara dalam Porprov kali ini, kata Nae Soi, akan diprioritaskan untuk berlaga di PON nanti. Penentuan atlet yang berlaga di PON dipantau dari kemampuan mempertahankan prestasi sampai menjelang perhelatan PON.


"Prestasi sekarang ini akan menjadi patokan. Tapi bukan satu-satunya," ujar Nae Soi

Ketua Pantia Umum Porprov NTT, Inche Sayuna menjelaskan, acara seremonial pembukaan akan dihadiri oleh Ketua KONI Pusat dan perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.


Ia berharap persiapan yang sudah dilakukan selama ini akan maksimal saat pembukaan. Sebab pembukaan besok akan menjadi penilaian kesiapan NTT menjadi tuan rumah PON XXII bersama NTB tahun 2028.


"Kita berharap pembukaan besok bisa maksimal dan meriah untuk meyakinkan mereka bahwa kita siap menjadi tuan rumah PON XXII tahun 2028," jelas Inche.(*)

Baca juga