HEADLINE

Alex Riwu Kaho: Natal Menginspirasi Kita Hidup Harus Berinovasi dan Kreatifitas

KUPANG;Jejakhukumndonesia.com, Kado terindah di penghujung tahun 2022, Bank NTT kembali menorehkan karya terbaik bagi aspek kemanusiaan untuk nasabah berkebutuhan khusus. Bank yang kini dinahkodai Dirut Harry Alexander Riwu Kaho ini menghadirkan Gallery ATM bagi kaum disabilitas di Kota Kupang.


Karya agung itu terletak persis di depan Kantor Pusat Bank NTT Jalan Brigjen Imam Budiman, Kota Kupang dan diresmikan penggunaanya oleh Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, Jumat (30/12/2022).

" Pengresmian ditandai dengan penarikan ATM oleh perwakilan kaum disabilitas.


Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho mengatakan bahwa lokasi yang kini dijadikan Gallery ATM bagi kaum disabilitas itu dulunya adalah pos satpam yang tidak berfungsi efektif. “Masih dalam balutan tema Natal tahun ini, menginspirasi kami bahwa kita hidup kalau biasa-biasa saja, tidak ada inovasi, kreatifitas, bahkan tidak berani keluar dari jalan yang nyaman maka tidak akan melahirkan sesuatu nilai yang baru,” sebut Dirut Alex.


Ia mengaku bersyukur bahwa dalam pengawasan OJK dan Bank Indonesia, Bank NTT diberikan banyak hal untuk terus belajar dan mampu percaya diri. “Apa yang kita lakukan sepanjang didasari oleh niat yang baik, tulus, dan sesuai dengan regulasi akan memberikan manfaat dan fungsi bagi banyak orang,” sebutnya

Dikatakan Dirut Alex Riwu Kaho, Bank NTT sangat berharap kerja sama yang harmonis dengan pemerintah Kota Kupang untuk agar Bank NTT bisa berkontribusi lebih kuat. “Membangun Kota Kupang sebenarnya potensi sangat hebat dengan PAD dikelola dengan cara-cara yang tepat dan sistem kerja teknologi yang memadai. Kalau Pak Penjabat Wali Kota ingin Kota Kupang lebih cepat maju, mandiri dan semua masyarakat bisa merasakan pembangunan maka bank NTT siap menjadi mitra. Tentunya penerapan kemitraan tetap dibawah pengawasan OJK dan BI baik di sisi tata kelolanya maupun pemanfaatan teknologinya,” ujar Dirut Alex Riwu Kaho.


Disebutkan, banyak hal yang sudah dilakukan, apalagi diprediksikan bahwa tahun 2023 akan memasuki tahun yang penuh tantangan lantaran terjadi krisis pangan dan energi. “Tapi secara korporasi, kita sudah melaporkan kepada OJK dan BI bagaimana strategi bisnis Bank NTT,” sebutnya.


Dirut Alex Riwu Kaho mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Kota Kupang makin marak yang hampir 24 jam. “Karena itu, model-model bisnis bank tidak bisa lagi konvensional pelayanan terbatas 8 jam. Mungkin di suatu saat ada bank nigth yang aktifitasnya bisa mengakomodir semua kehidupan ekonomi pada saat malam hari. Karena dengan teknologi yang makin maju, dunia tidak bisa dihambat lagi oleh batas hari dan waktu,” katanya.


Ia terus mengajak seluruh komponen Bank NTT untuk berani keluar dari kenyamanan. “Kita tidak perlu malu untuk belajar kita tidak perlu malu untuk melakukan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Walaupun sekarang sudah ada CRM tapi dengan modal dan tekad untuk berani keluar dari kenyamanan maka kita akan menemukan potensi-potensi yang luar biasa untuk kita kembangkan demi kemajuan Bank NTT dan berkontribusi positif bagi pembangunan di tempat kita mengabdi dan melayani,” sebutnya.


Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh mengatakan, Bank NTT adalah bank yang di berkati oleh Tuhan. “Sebagai Penjabat Wali Kota Kupang saya merasa bangga dan terhormat karena Bank NTT sungguh-sungguh dalam melihat potensi-potensi yang ada di Kota Kupang. Kita melihat tempat yang dengan kaca mata umum tempat yang tidak bisa  menjadi apa-apa, saat ini kita dengan kaca mata kecerdasan yang dilakukan Bank NTT ini bisa memiliki potensi yang luar biasa dan kita bisa menolong banyak orang yang membutuhkan terutama kaum dissabilitas,” sebutnya.


" Ia mengaku kagum dengan keberanian Bank NTT melakukan berbagai gebrakan yang dirasakan oleh seluruh masyarakat NTT. “Ini butuh keberanian kalau tidak dengan keberanian kita tidak mungkin berbuat hal-hal besar. Karena orang-orang berani saja yang memiliki keberanian untuk memutuskan dengan prinsip untuk rakyat kita maju, dan itu Bank NTT buktikan,” ujar George Hadjoh

Penjabat Wali Kota juga memberikan apresiasi kepada Bank NTT yang membangun networking dan jaringan dengan seluruh lembaga perbankan terutama dengan OJK dan Bank Indonesia. “Networking yang dibangun oleh Bank NTT sekarang menjadi inspirasi dan juga tantangan bagi bank-bank yang ada di Kota Kupang. Bank NTT menjadi lokomotif penggerak ekonomi Nusa tenggara timur khususnya Kota Kupang,” ujarnya. 


Disebutkan, momentum itu menjadi bukti bahwa Bank NTT melayani lebih sungguh. “Mari kita membangun Kota Kupang dengan sungguh-sungguh, kita membuat Kota Kupang menjadi bersih,dan indah ajaknya ,di sedur dari SI.(*)

Baca juga