HEADLINE

Korem 161/WS Gelar Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-77 Dilapangan Kipan B 743.

 

 KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Korem 161/Wira Sakti gelar upacara dalam rangka Hari Juang TNI-AD adapun tema yang diangkat dalam peringatan HJK tersebut adalah,”TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat” yang merepresentasikan Visi dan Komitmen TNI AD untuk senantiasa manunggal dengan rakyat serta menempatkan kepentingan rakyat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai prioritas tertinggi dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian,yang bertempat di Lapangan Kompi B Yonif 743/PSY Naibonat Kabupaten Kupang. Kamis (15/12/2022).


Pada kesempatan tersebut, Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kolonel Cpl. Simon Petrus Kamlasi selaku Inspektur Upacara (Irup), membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI DR. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. mengatakan,saya selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi, saya mengucapkan "Selamat Hari Juang TNI AD Tahun 2022", kepada segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AD beserta keluarga dimanapun bertugas dan berada, diiringi dengan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan atas pengabdian,loyalitas, disiplin dan dedikasi yang tinggi. Peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat kali ini kita selenggarakan secara sederhana ditengah-tengah suasana keprihatinan dan empati yang mendalam kepada saudara saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam di berbagai daerah. "Oleh karenanya, rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang T NI Angkatan Darat ke 77 tahun ini kita isi dengan doa bersama dan penyaluran bantuan kemanusiaan bagi korban musibah bencana alam". Ucap Kasad.


"Tema Hari Juang TNI Angkatan Darat Tahun 2022 ini adalah *”TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat”* tema ini juga menjadi pengingat bahwa ibu kandung prajurit TNI AD adalah rakyat, sedangkan nafas dan ruh nya adalah pengabdian kepada rakyat, bangsa dan negara. Oleh karenanya, TNI AD tidak boleh melupakan rakyat dan sebaliknya TNI AD harus selalu di hati rakyat. TNI AD tidak boleh berjarak dengan rakyat serta harus selalu bersama-sama rakyat, karena hanya dengan bersama-sama rakyat, TNI AD akan kuat dalam menjalankan tugas pengabdian pada bangsa dan negara". Ungkap Kasad


Lanjut Jendral Dudung sejarah mencatat bahwa kebersamaan TNI dan rakyat merupakan kekuatan dahsyat yang mampu menjaga dan mempertahankan kedaulatan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Palagan Ambarawa merupakan peristiwa monumental yang menjadi salah satu bukti dahsyatnya kekuatan yang terbangun dari bersatunya TNI dan rakyat, sehingga dapat mengalahkan kekuatan pasukan kolonial yang jauh lebih modern. Semangat patriotisme dan nasionalisme yang dipadukan dengan keberanian, keikhlasan serta kerelaan berkorban, akhirnya mampu mengantarkan TNI bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia. "Peristiwa heroik inilah yang kemudian kita peringati sebagai Hari Juang TNI Angkatan Darat". Tegasnya.


Selaku generasi penerus TNI AD yang mengabdi para zaman yang berbeda, ancaman dan tantangan yang kita hadapi tentu saja juga berbeda dan cenderung semakin kompleks. Namun nilai-nilai kejuangan yang terkandung di dalam Palagan Ambarawa tetap relevan untuk kita warisi dan diimplementasikan dalam menghadapi tantangan tugas di era modern dengan karakter perubahan dan ketidakpastian yang sangat dinamis diberbagai bidang. Sebagai prajurit profesional, kita harus mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan yang dinamis serta terus menjaga dan meningkatkan kemampuan kemiliteran modern. "Namun, sebagai alat negara penjaga kedaulatan NKRI, seluruh prajurit T NI AD tidak boleh melupakan hakikat sebagai tentara rakyat yang senantiasa harus manunggal dengan rakyat". Kata Kasad.


"Ia mengajak agar momentum peringatan Hari Juang TNI AD dimanfaatkan untuk melakukan refleksi, dan selanjutnya menatap lurus ke depan guna memantapkan langkah bersama untuk mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, adaptif, modern dan profesional, yang ditakuti lawan, disegani kawan dan dicintai rakyat". Tutupnya

Hadir pada kegiatan upacara peringatan Hari Juang Kartika TNI AD ke-77 tahun 2022 tersebut antara lain Kabinda NTT Brigjen TNI Eko Mulyadi, Kasrem 161/WS Kolonel Cpl. Simon Petrus Kamlasi selaku Inspektur Upacara, Kasi Pers Kasrem 161/WS Kol Heru Wahyu Jatmiko, Asisten III Prov. NTT Bidang Administrasi Umum, Cosmas D Lana ,S.H,M.Si, Dansat Brimob Polda NTT Kombes Pol Ferry Raimond Ukoli, S.I.K, Dandenpom IX/1 Kupang Letkol Cpm Adi Haryanto, S.Pd, Dansatpom Lanud El Tari Letkol Pom Yohanes Chandra, Danyonmarhalan VII Letkol Marinir Wira Dharma S. Lumban Gaol, S.H., M.Tr.Opsla, Kasdim 1604/Kupang Letkol Inf I Gede Putu Suarda, S.I.P,Wadanyon Armed 20/55 GS BY Mayor Arm Sayed Syahrial selaku Dan Up serta Dankabalak Aju Kodam IX/Udy. *( Penrem)*

Baca juga