HEADLINE

SMK NEGERI 8 KUPANG ADAKAN SYUKURAN NATARU , SERTA MENATA PROGRAM PENDIDIKAN DITAHUN 2023

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Kepsek SMKN 8 KUPANG Drs.Yehezkial Thobias Ledo Saat memberikan sambutan pada acara Syukuran Natal dan tahun baru serta pesan kepada kita semua yang hadir di momen ini dimana tema yang diangkat adalah: PULANGLAH MEREKA KE JALAN LAIN, dengan Sub tema; Mempersatukan Umat Membangun Bangsa Melalui  Pendidikan .


Kepada media ini,kepsek menyampaikan Waktu Ibadah syukur Natal dan Tahun Baru ini Untuk mempersatukan warga SMKN 8 Kupang  dalam tugas melayani sebagai umat Tuhan bahwa panggilan dan tugas kami selaku guru adalah mau memuliakan Tuhan dalam tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan pada kami.


"Lanut kepsek,selaku guru maupun pegawai itu menjadi inti dari perayaan natal di Tahun 2022 yang dirayakan di Tahun 2023 sekaligus tahun baru."pesan Yehezkial. 


Dengan Tema Natal "Pulanglah Mereka Ke Jalan Lain" dan Sub Tema : Mempersatukan Umat, membangun bangsa Melalui Pendidikan. Maksud dari tema dan sub temanya yaitu adalah bagaimana kiat atau upaya kami melaksanakan tugas ataupun pelajaran tidak dengan metode atau cara yang sama tetapi kami berupaya untuk mengubah pola atau metode ,dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran sehingga apa yang menjadi tujuan dan harapan bisa tercapai tidak dengan satu pendekatan atau metode."jelas kepsek. 


Mengenai kurikulum merdeka jujur kami SMK Negeri 8 kupang  baru menggunakannya di Tahun 2023,di tahun pembelajaran 2023/2024 karena semua sekolah sudah harus menggunakan kurikulum merdeka,pada 2024 tahun yang semntara berjalan  dimana kami mempersiapkan diri untuk menggunakan kurikulum merdeka ditahun 2023/2024 sehingga kami semntara masih berkomunikasi dengan pengawas pembina kami ibu Iren agar kami diberi input atau masukan-masukan yang sering dilakukan dalam setiap ajaran baru adalah "In House Training" (IHT) untuk pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka belajar itu bisa kami lakukan di Tahun ajaran 2023/2024."ungkap kepsek. 


"Selanjutnya kepsek menambahkan Dalam bermitra dengan stakeholder kebetulan kami di SMKN  8 ada 3 jurusan, jadi hampir semua dudi yang ada di kupang, misalnya yang sudah melakukan magang itu adalah jurusan TKJ dan ATP hampir ada disemua sekolah dan semua kantor ,dan kami juga bermitra dengan Politani, Undana dengan beberapa usaha swasta yang berhubungan dengan agrobisnis serta yang berhubungan dengan holtikultura ,salah satunya ada di  gereja bakunase dengan satu pihak swasta di belakang Undana di Matani, kebetulan siswa kami  (ATP) ada magang di sana."jelasnya

Untuk siswa di SMKN 8 Kupang yang di data dalam Dapodik agustus 2022 adalah 186 orang dari 3 jurusan yang ada meskipun dalam perjalanan waktu ada yang tidak sekolah, dan untuk jurusan penerbangan minatnya kalo tahun pertama sampai sekarang 20 orang sampai saat ini sisa 13 orang yang masih aktif."sebut Yehezkial. 


Kami mulai masuk pada lokasi ini, pada bulan 11 yang cuma 3 ruangan kelas dan 1 ruang perkantoran ,dan nanti 2018 karena kami sudah ada bergabung di provinsi  baru mendapatkan tambahan  ruangan praktik siswa yang namanya TKJ, dan puji Tuhan di tahun 2022  data dapodik kami bisa di Akomodir data yang kami isi mengenai sarana prasarana yang masih minim diakomodir secara Nasional ,untuk kami mendapat bantuan DAK di Tahun 2023 dan sudah dilakukan Survei oleh Tim dari Dinas Pendidikan Provinsi." ungkapnya. 


"Lebih lanjut kepsek menambahkan bahwa SMK NEGERI 8 kupang akan mendapat 5 item pekerjaan ditahun 2023 dalam Bentuk DAK, dak dimaksud  dalam bentuk 4 ruangan kelas baru, 1 lab TKJ, 1 RPS untuk Jurusan Penerbangan, ada 1 perpustakaan dan 1 satu lab bahasa." tambah kepsek.

Sementara itu Ketua Komite SMKN 8 KUPANG Yohanes Selan ketika diminta keterangan oleh media ini terkait hubungan antara komite dengan pihak sekolah Ia mengatakan Sangatlah baik dalam berbagai bentuk ,baik dalam rencana pembangunan jangka panjang menengah dan jangka pendek, maupun proposal dan bantuan bantuan dari orang tua siswa, dan kami juga berkolaborasi kerja sama dengan orang tua murid. "sebut komite. 


"Lanjutnya lagi kami dari pihak komite sekolah sudah adakan rapat bersama membahas tentang bantuan lokal yaitu untuk membangun pagar sekolah ini adalah kerja sama lintas sekolah dan orang tua murid,termasuk membangun sumur bor dan penataan sekolah. "jelas yohanes.


 Ketua Komite SMKN 8 Kupang menambahkan kendala kendala yang ditinggalkan tahun 2022 seperti pagar sekolah yang belum selesai di kerjakan kedepan kami akan melanjutkan pekerjaan pagar sekolah yang masih sisah."tambahnya.  


Harapannya Semoga ada perhatian Serius dari pemerintah dalam hal ini Dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi NTT, dan ada permohonan penambahan Ruang belajar dan beberapa tenaga honorer, tata usaha  yang belum mendapatkan SK , Ini harapan saya selaku Ketua Komite SMKN 8 Kupang, kiranya ada perhatian dari pemerintah daerah. "harap yohanes.

Selanjutnya Ibu IRENE MM ERMAYA Pengawas pembina pada SMK NEGERI 8 KUPANG menambahkan bahwa SMK NEGERI 8 KUPANG mempunyai potensi potensi menurut saya cukup bagus dan Guru guru pun bersemangat dalam keaktifan mengajar di sekolah dan juga memberikan dukungan motivasi terhadap siswa. "ungkap Irene. 


"Lanjutnya lagi kami juga berkolaborasi dengan kepala sekolah dan Guru guru dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah ini ketika ada kesalahan di mana kita perbaiki bersama sama. "tutup Irene Ermaya.(jh)

Baca juga