HEADLINE

SURVEI KEGIATAN DUNIA USAHA TRIWULAN IV 2022 MENINGKAT

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) di Provinsi Nusa Tenggara Timur mengindikasikan bahwa kegiatan dunia usaha pada triwulan IV 2022 tumbuh positif. Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) yang menunjukan level positif sebesar 44,17%. Kinerja tersebut lebih baik dibandingkan dengan SBT pada triwulan III 2022 yang tercatat sebesar 18,10% dan kinerja nasional sebesar 10,27%.


Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur, S. Donny H. Heatubun menyampaikan bahwa indikasi peningkatan kinerja usaha terjadi pada sektor pertanian, adm. pemerintahan, perdagangan, konstruksi dan jasa keuangan, didorong oleh momen Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Nataru, pelonggaran kebijakan pembatasan yang mendorong mobilitas masyarakat, serta curah hujan yang kondusif yang mendukung produktivitas tanaman pangan (padi dan,jagung)

Sejalan dengan perkembangan kegiatan usaha tersebut, SBT investasi dan harga jual pada triwulan IV 2022 tercatat sebesar 11,00% dan 18,51%, meningkat dari triwulan sebelumnya yang masing-masing sebesar 0,00% dan 8,93%.


Pada triwulan I 2023, kondisi kegiatan usaha diprakirakan melambat dengan SBT sebesar 15,59%. Hal ini sejalan dengan siklus tahunan pasca berakhirnya HBKN Nataru dan periode masa tanaman pangan.(BI*)

 

Kotak Teks:
 

 

Baca juga