HEADLINE

DUKUNG NTT BANGKIT SEJAHTERA, BANK INDONESIA PERWAKILAN NTT GELAR VAKSIN BOOSTER KE-2

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Dalam upaya mendukung NTT Bangkit Sejahtera, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTT gelar kegiatan Vaksinasi Booster ke-2.


Pada pelaksanaan vaksinasi tersebut, BI Perwakilan NTT berkolaborasi dengan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD), Pemerintah Provinsi NTT, Kepolisian Daerah (Polda) NTT dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTT.


“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan imunitas pegawai, yang menopang produktivitas kerjanya, upaya percepatan pemulihan ekonomi ntt,” ujar Kepala Perwakilan BI NTT, Stevanus Donny Heatubun  disela-sela kegiatan BI NTT, Jumat (24/2/2023).


Dikatakan Donny Heatubun, saat ini capaian vaksinasi di Provinsi NTT telah berlangsung dengan cukup baik, untuk vaksinasi tahap I. Namun demikian, capaian vaksinasi tahap II dan booster pertama masih cukup rendah dibandingkan daerah lainnya.


“Meskipun Pemerintah Pusat telah mencabut PPKM di seluruh wilayah Indonesia, virus Covid-19 tidaklah sepenuhnya menghilang. Dengan demikian, masih diperlukan sinergi dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk mendorong vaksinasi di Provinsi NTT,” tegas Donny Heatubun

Untuk mendukung program pemerintah tersebut, tambah Donny Heatubun, maka BI NTT melalui BMPD dan Pemerintah Darah, mengalokasikan 800 vaksin Pfizer untuk masyarakat sebagai representasi, dalam melakukan sinergi bersama dalam mendukung NTT bangkit menuju sejahtera.


“Selain itu, kegiatan vaksinasi ini juga sebagai Langkah pre-emptive dalam menghadapi HBKN Paskah dan Idul Fitri serta mendukung suksesi ASEAN Summit di Labuan Bajo pada Mei 2023,” tambahnya lagi.


Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah juga tidak terlepas dari peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai tulang punggung perekonomian nasional khususnya NTT. Oleh karena itu, pada kegiatan vaksinasi ini, ditampilkan juga berbagai produk kuliner dari UMKM yang dipadukan dengan metode pembayaran non-tunai dengan menggunakan kanal QRIS.


QRIS merupakan kanal pembayaran yang Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Handal, atau disingkat dengan ”CEMUMUAH”. Pada akhirnya, kolaborasi Perbankan dan UMKM akan meningkatkan inklusi keuangan di NTT, khususnya kota Kupang

Peserta vaksin booster ke-2 dapat melakukan scan QRIS sejumlah Rp232, yang merepresentasikan bahwa kegiatan vaksin booster dilakukan pada tahun 2023 untuk vaksin booster ke-2. Seluruh lembaga/instansi dan perbankan daerah akan selalu bersinergi demi mencapai tujuan yang lebih besar. Sinergi yang terbentuk ibarat pepatah “Satu tangan tak dapat memungut sekop yang penuh.(*)

Baca juga