HEADLINE

Ketua KKBD Wilayah Hadir Pada Kegiatan Musyawarah Cabang V KKBD Kota Kupang

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Musyawarah Cabang (Muscab) Ke-V Kerukunan Keluarga Bima Dompu KKBD Kota Kupang periode 2023-2026 diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Qorih Internasional asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) Ustadz Irwan Ismail, S.Sos (MTQ Quwait, 2016) dilanjutkan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi oleh Bapak Arifin H. Muhtar, S.Sos.,M.M.,selaku Ketua Kerukunan Keluarga Bima Dompu (KKBD) Provinsi NTT pada Minggu, 12 Februari 2023 di Rumah Singgah KKBD di Kelurahan Liliba Kec.Oebobo Kota Kupang.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Pembina KKBD Wilayah Drs. Ambo, M.Si, para sesepuh KKBD Wilayah maupun Kota, Ketua KKBD Kota Kupang Periode 2020-2023 Bapak Aladin,S.Ag,M.H,dan didampingi para Ketua Kelompak Arisan warga Bima Dompu yang ada di wilayah Kota Kupang, serta ibu-ibu Majalis Nurul Annisa KKBD Kota Kupang.


Ketua KKBD Wilayah Provinsi NTT Bapak Arifin H. Muhtar, S.Sos.,M.M dalam sambutannya memberi apresiasi terhadap pengurus dan warga Bima-Dompu Kota Kupang atas terselenggaranya kegiatan Musyawarah Cabang ke-V ini, selain itu Beliau memberikan motivasi agar warga bima dompu terus menerus berperan membangun kebersamaan yang selama ini sudah bagus dan mempertahankan kerjasama dalam berbagai bidang.Thema kegiatan yang diangkat ini adalah "Membangun Budaya Literasi Organisasi Mewujutkan KKBD Kota  Kupang yang Berkemajuan". Thema ini yang berbunggi literasi, apa sih yang dimaksud dengan literasi?? Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman. Jika dulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis." Saat ini, istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas".Pangkasnya.


Ketua Panitia Muscab ke-V KKBD Kota Kupang Ihwan, S.Pd., M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa thema ini sengaja diangkat oleh karena KKBD sudah memenuhi syarat minimal sebagai sebuah organisasi modern, karena KKBD telah memiliki perangkat pendukung organisasi berupa Kantor/Sekretariat dalam bentuk rumah singgah, dan KKBD juga telah memiliki perangkat administrasi organisasi berupa Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Oleh karena KKBD telah memiliki semua perangkat tersebut, maka tugas kita warga KKBD selanjutnya adalah bagaimana meningkatkan budaya literasi organisasi, sehingga pengelolaan organisasi berjalan sesuai dengan regulasi organisasi yang telah ada. Manajemen organisasi sebagaimana mengelola sebuah organisasi yang modern (berkemajuan), sehingga ia berharap agar Masyarakat Bima-Dompu di Kota Kupang menjadikan semangat dalam membangun KKBD dimasa yang akan datang lebih baik lagi. Pungkasnya…


Selanjutnya melalui sidang pleno yang di pimpin oleh 6 orang pimpinan sidang yaitu Bapak Idris M. Ali, S.Sos.,M.Si, Drs. Edy Mansyur, Kapten Cba. Sumartono, S.Sos, Muhklis, S.E., Khairil, S.H.,dan Siti Mariani Sasongko membahas tentang Laporan Pertanggungjawaban, Program Kerja, Rekomendasi dan juga pemilihan pengurus baru masa bakti 2023-2026. Akhirnya forum musyawarah memutuskan secara musyawarah mufakat dengan suara bulat (aklamasi) menetapkan Syaiful, SKM., M.Kes.,sebagai Ketua Kerukunan Keluarga Bima Dompu (KKBD) Kota Kupang Periode 2020-2023

Dalam sambutannya pada acara penutupan, ketua KKBD Kota Kupang terpilih Bapak Syaiful, SKM., M.Kes.,mengucapkan terimakasih kepada Ketua KKBD Wilayah, Ketua Dewan Pembina KKBD, para sesepuh dan semua warga Bima Dompu yang hadir pada kegiatan Muscab ke-V Kota Kupang, terima kasih telah memberi kepercayaan kepada saya menjadi Ketua KKBD Kota Kupang, saya yakin tidak bisa berdiri dihadapan bapak ibu semua tanpa dukungan dan motivasi dari bapak ibu semua, oleh karna itu mohon saya dibantu dalam menjalankan amanah berat ini kedepan. "Saya berharap kepada Ketua Wilayah Provinsi Bapak Arifin, S.Sos,.MM sebagai pucuk tertinggi organisasi KKBD, demikian juga kepada Adik-adik mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Ikatan Mahasiswa Bima Dompu (IMBIPU) Kota Kupang, mohon dukungan untuk kelancaran semua kegiatan dan menjaga nama baik KKBD Kota Kupang".Tandasnya.


Sambutan Ketua Pembina Wilayah Provinsi NTT Kerukunan Keluarga Bima Dompo (KKBD) Drs. Ambo, M.Si menuturkan bahwa yang saya rasakan dan buktikan sekarang adalah KKBD adalah luarbiasa kenapa saya katakan luarbiasa?, momentum yang telah terjadi dan diagendakan secara baik sudah dilaksanakan sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga AD/ART yang di susun telah dibuktikan pada hari ini. KKBD telah membuktikan sebagai sebuah peguyuban yang selangkah lebih maju dan sebagai satu-satunya paguyuban yang terdaftar di pemerintah provinsi NTT (Kesbangpol NTT)."Saya sebagai pembina KKBD Provinsi NTT mengucapkan selamat kepada ketua KKBD Wilayah adinda Arifin ini sebuah prestasi yang membanggakan bagi warga Bima Dompu."Ucap Drs.Ambo

Lanjut Ambo ia menyampaikan,saya sebagai senior saya, pak Said beserta ibu dan para sesepuh dan semua senior yang masih bertahan sampai saat ini (masih berada diarena muscab), membuktikan bahwa kami selalu berada di belakang kalian semua. Saya jujur sekarang saya baru pulang dari Kefa TTU, tapi saya tetap berusaha hadir di tempat ini. "Saya sebagai Ketua Dewan pembina KKBD Provinsi NTT saya menyampaikan trimakasih kepada adinda ketua panitia yang telah menjalankan kegiatan ini dengan baik, kemudian saya mengucapkan terimakasih kepada  ketua KKBD dua periode yang sudah menjalankan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan ini adalah nilai plus bagi pemimpinnya".Tegas Drs.Ambo.( *Humas KKBD Wil*)

Baca juga