HEADLINE

Unit Donor Darah Harus Jadi Wajah PMI NTT

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Wakil Gubernur NTT sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia (PMI)  Provinsi NTT, Josef Nae Soi (JNS) mengharapkan agar Unit Donor Darah (UDD) Provinsi NTT dapat memjadi wajah dan cerminan pelayanan PMI.


"Unit Donor Darah adalah muka atau wajah dari Palang Merah Indonesia (PMI,red). PMI tanpa Unit Donor Darah, saya kira tidak ada PMI. PMI hanya punya dua tugas utama yakni memberikan air yang berbentuk darah dan air bentuk lainnya untuk membantu sesama manusia. Kalau manusia tidak memiliki darah, pasti tidak bisa hidup," kata Wagub JNS saat Mengambil Sumpah dan Melantik Kepala Unit Donor Darah Provinsi Nusa Tenggara Timur  Periode 2022- 2027 di Markas PMI Provinsi NTT, Rabu (15/2).


Pria asal Ngada tersebut berharap agar Kepala Unit Donor Darah yang baru  dapat membangun kolaborasi dan koordinasi dengan Markas PMI dan seluruh pengurus supaya PMI NTT menjadi lebih baik.


"Selamat bertugas kepada kepala Unit Donor Daeah (UDD,red)  yang baru. Ini tugas yamg sangat mulia. Kalau kepala beserta jajaran UDD bekerja dengan baik, menyiapkan dan memberikan darah kepada manusia yang sangat membutuhkan maka saya sungguh yakin saudara-saudara akan mendapat ganjaran yang besar dari Tuhan," kata politisi senior partai Golkar tersebut.


Lulusan Doktor Ilmu Hukum Universitas Padjajaran itu menegaskan PMI adalah milik dunia, bukan hanya milik Indonesia.


"PMI tidak pernah melihat seorang darimana, suku apa, agamanya apa, semua berbaur dan berkolaborasi untuk kemanusiaan. Dalam semangat ini, PMI NTT juga akan  turut memberikan bantuan kepada Palang Merah Bulan Sabit Turki untuk membantu korban gempa Turki. Kita akan menyerahkan bantuan kita kepada Ketua Umum PMI  untuk diteruskan ke Palang Merah Turki," pungkas Ketua PMI NTT tersebut.


Adapun Kepala Unit Donor Darah Provinsi NTT  yang baru  dilantik adalah dr Hermi Indita Malewa, SpPK. Beliau  menggantikan dr. Samson Ehe Teron, SpPK

Pengambilan sumpah dan pelantikan  dr. Hermi tersebut didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Ketua PMI Provinsi NTT Nomor : 08/SK/PMI PROV NTT/03.03.00/12/2022 tanggal 9 Desember 2022 tentang Pengangkatan dr. Hermi Indita Malewa, SpPK sebagai Kepala Unit Donor Darah Provinsi NTT.


Tampak hadir pada kesempatan tersebut perwakilan Forkopimda Provinsi NTT, Penjabat  Walikota Kupang, pengurus PMI NTT, Ketua PMI Kota Kupang, perwakilan dari PMI Kabupaten Kupang, saksi rohaniwan islam,insan pers dan undangan lainnya.(*)



Baca juga