HEADLINE

Dukung KTT Asean 2023 Ramah dan Harmonis, Masyarakat Labuan Bajo Bangun Infrastruktur Jalan Golomori

Labuan Bajo;Jejakhukumindonesia.com, Dukungan penuh jadi tuan rumah pelaksanaa KTT Asean (ASEAN SUMMIT) 2023, masyarakat Labuan Bajo NTT mulai menata infrastruktur memadai guna menjadikan KTT Asean yang ramah dan harmonis.


Dukungan penuh itu dilakukan oleh masyarakat Labuan Bajo melalui pembangunan infrastruktur jalan yang memadai di jalan Golowelu Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT), yang juga disebut sebagai Tana Mori. 


Lokasi Golowelu Labuan Bajo sudah diproyeksikan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui PT. Tana Mori Makmur Indonesia dan Indonesia TouritTsm Development Corporation (ITDC) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).


Perlu diketahui untuk saat ini Golo Mori telah diusulkan ke Dewan Nasional KEK dan akan ditetapkan sebagai KEK melalui Peraturan Presiden (Perpres) nantinya.


"Golo Mori akan menjadi salah satu tempat pelaksanaan KTT ASEAN (Asean Summit) ke-42 pada bulan Mei 2023 mendatangUntuk saat".


Untuk saat ini, Pemerintah Daerah baik Provinsi NTT, Kabupaten Manggarai Barat dan Pemerintah Pusat serius mempersiapkan segalanya untuk mempromosikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium kepada dunia. Tidak tanggung-tanggung Presiden Ir. H Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo untuk melakuka survey sejauh mana persiapan Labuan Bajo sebagai tuan rumah KTT Asean Summit 2023.


Berbagai kendala yang dihadapi dalam proses penyelesaian pembangunan jalan Golo Mori yang datang dari masyarakat terdampak, namun semua itu tidak menjadi masalah besar, hal ini merupakan kerikil-kerikil kecil untuk menjadikan Labuan Bajo semakin bagus, pungkas salah satu tokoh masyarakat Desa Golo Mori Muhammad Udin, saya harap Pemda Manggarai Barat lebih intens memanfaatkan potensi alam yang dimiliki, memperbaiki apa yang perlu diperbaiki serta memberikan akses kepada masyarakat setempat agar dapat merasakan keuntungan fasilitas-fasilitas pembangunan yang ada, " tambahnya.


Dukungan penuh terhadap pembangunan infrastruktur jalan Golo Mori disampaikan oleh lapisan masyarakat yang berada di jalur jalan Golo Mori-Labuan Bajo, diantaranaya Desa Warloka dan Kacang Tagar Kecamatan Komodo. Kami masyarakat sangat bersyukur dengan adanya pembangunan jalan ini, dulu kami mau pergi ke kota Labuan Bajo butuh waktu 2 jam, sekarang hanya 15 sampai 30 menit, ungkap Abdul Haris sebagai kepala Dusun Nanga Nae Desa Macang Tanggar.


Hal yang sama disampaikan oleh kepala Desa Warloka Suwandy, apa yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat itu sudah baik, saya harap masyarakat bisa menjaga dan melestarikannya. Wilayah kami dipersiapkan sebagai tuan rumah KTT Asean Summit adalah hal yang luar biasa, ini peluang bagi kami untuk lebih terkenal, masyarakat harus dukung sukseskan acara ini, ini luar biasa" Pungkasnya.


Terkait pembangunan dan dukingam penuh kegiatan KTT Asean disampaikan oleh anggota DPRD dari Fraksi PKB Kabupaten Manggarai Barat, Sewargading S.J.


Sewarhading meminta dukungan penuh masyarakat Manggarai Barat pada umumnya dan masyarakat yang berada di jalur jalan Golo Mori - Labuan Bajo khususnya, bahwa kepanitiaan KTT Asean Summit ke 42 di Labuan Bajo harus sukses, dan ini menjadi tanggung jawab kita bersama antara pemerintah dan masyarakat harus satu, kalau bukan kita siapa lagi" tegasnya.


"Mari kita sama-sama dukung pembangunan infrastruktur dan sukseskan KTT Asean Summit ke 42 bulan Mei 2023. Pinta Sewarhading.(*)

Baca juga