HEADLINE

Gubernur VBL : "Pemprov NTT siapkan RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang sebagai RS Kanker dan Jantung

 

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) pada Kamis (02/03) berkesempatan mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang. Dalam kunjungan ini Gubernur VBL disambut oleh Direktur Utama RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang dr. Mindo Sinaga dan jajarannya. 


Maksud dari kunjungan tersebut, untuk meninjau langsung sarana dan fasilitas medis dan pelayanan pasien. Dalam kunjungan ini, Gubernur VBL meninjau Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang tindakan, ruang bougenville, poli penyakit dalam, poli geriatri, poli saraf, poli mata, poli paru, poli jantung, poli klinik spesialis kulit dan kelamin, ruang onkologi dan kemoterapi Mutis, paviliun, radiologi, laboratorium,  dan ruang VK, serta ruang penanganan pasien cuci darah.


"Pemprov NTT akan mempersiapkan perencanaan RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang ini menjadi RS khusus jantung dan kanker. Kita akan berkomunikasi dengan Menteri kesehatan terkait anggarannya, sehingga kita bisa mempersiapkan Rumah Sakit Daerah khusus jantung dan kanker yang terbaik di NTT." ungkap Gubernur VBL.


Lebih lanjut Gubernur VBL mengungkapkan alasan perencanaan pembangunan RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang menjadi Rumah Sakit Daerah khusus jantung dan kanker guna meningkatkan pelayanan bagi masyarakat NTT.


"RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang ini juga sudah sangat banyak pasien yang datang dan suasananya menjadi _crowded_ (ramai/padat). Jadi kita akan rencanakan juga untuk bangun lagi beberapa bagian di tempat yang lain sehingga tidak padat dan pasien tidak lagi menumpuk. Agar pelayanannya lebih efisien baik bagi kenyamanan pasien ataupun juga kenyamanan bagi dokter dan perawat," katanya.


Gubernur VBL juga berkesempatan melihat alat senographe yang berfungsi untuk mendeteksi penyakit kanker payudara dan biopsi yang telah tersedia di RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang.


Direktur Utama RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang dr. Mindo Sinaga mengungkapan saat ini pihaknya telah mengembangkan pelayanan jantung. "Tahun ini RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang telah melaksanakan pengembangan pelayanan jantung terpadu dan kami sementara mengkaji perencanaan yang telah disampaikan Bapak Gubernur, kami harapkan perencanaan ini dapat berjalan dengan baik," dr. Mindo

Pada kesempatan ini beliau juga menuturkan rencana pembangunan food court dan renovasi beberapa gedung pada kawasan Rumah sakit untuk peningkatan pelayanan.


Usai melakukan kunjungan pada RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang Gubernur VBL dan rombongan kemudian melayat ke rumah duka  Almarhum Capt. Peta Mengi Uly, S.S.T.Pel., M. Mar di Kelurahan Nunbaun Sabu. 


“Atas nama Pemerintah Provinsi NTT, Saya menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya Almarhum Capt. Peta Mengi Uly, S.S.T.Pel., M. Mar Pencapaian dan kontribus yang telah ditorehkan almarhum kiranya menjadi teladan bagi kita semua. Terima kasih kepada keluarga yang telah memberikan seoarang putra terbaik yang telah mengharumkan nama NTT.” Ungkap Gubernur dalam sambutannya pada Ibadah penguburan Almarhum Capt. Peta Mengi Uly, S.S.T.Pel., M. Mar.(*)



Baca juga