HEADLINE

Kepala OMBUDSMAN NTT Menghadiri Undangan dari KPUD Kota kupang

 

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Kepala OMBUDSMAN NTT menghadiri undangan KPUD Kota Kupang ,dalam rangka pencanangan Zona Integritas (ZI) di lingkungan KPUD. Sabtu, 1/4/23) 


 Hadir saat itu Ketua KPUD dan seluruh anggota, jajaran sekretariat dan para saksi. Sebagai saksi, saya menyambut gembira tekad dan keinginan kuat jajaran KPUD Kota Kupang  menuju pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di di lingkungan kerjanya. 


Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik 


Saat menjadi saksi pencanangan ZI saya selalu berharap agar penandatangan pencanangan zona integritas ini tidak sekedar seremonial belaka,   tetapi harus ada perbaikan nyata pada loket-loket pelayanan seluruh satuan kerja, utamanya satker yang melaksanakan tugas pelayanan publik. 


Nilai-nilai kejujuran, loyalitas, komitmen dan niat memperbaiki harus merasuk dalam sanubari seluruh aparatur negara agar hak-hak masyarakat untuk dilayani dengan baik dapat terpenuhi.


 Kita harus bisa memastikan bahwa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tidak ada praktek percaloan, harus bebas pungli, petugas responsif, prosedur pelayanan yang jelas, biaya yang transparan, dan kepastian waktu pelayanan. 


Pembangunan Zona Integritas dianggap sebagai role model Reformasi Birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas. Dengan demikian pembangunan Zona Integritas menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di pemerintahan. 


Semakin banyak instansi yang membangun integritas birokrasinya melalui pencanangan zona integritas tersebut, tentu akan semakin bagus pelayanan kepada masyarakat kita. Selain itu, upaya ini juga bisa mencegah penyimpangan dan dapat melindungi aparatur kita dari tindakan koruptif. 


Saya mengucapkan terima kasih  kepada seluruh tim KPUD Kota Kupang atas pencanangan ini. Tetap semangat dan teruslah melayani dengan lebih sungguh terkushus publik kota kupang .(*)

Baca juga