HEADLINE

KEPALA OMBUDSMAN RI PERWAKILAN NTT MENERIMA KUNJUNGAN KABID PROPAM POLDA NTT KEDUAKALINYA

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Kepala OMBUDSMAN NTT  kembali menerima kunjungan Kabid Propam Polda NTT, Kombes Pol Dominicus Savio Yempormase di ruang kerjanya, Selasa 4/4/23)


Sebelumnya pada Selasa (21/2) kami bertemu dan berdiskusi banyak hal di tempat yang sama.  Kali ini kami diskusi terkait penegakan displin Polri terhadap anggota yang dilaporkan sebagai calo penerimaan casis Polri."sebut darius.


"Selanjutnya ia mengatakan Mereka menerima uang dalam jumlah tertentu dari para orang tua calon siswa Bintara Polri dengan janji meluluskan, namun ternyata para peserta dinyatakan tidak lulus dan meminta uangnya dikembalikan.  Beberapa bulan ke depan pendaftaran calon siswa Bintara Polri akan dibuka.(beber Ombudsman. 


Bagi masyarakat NTT yang memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai calon Bintara Polri agar memenuhi seluruh syarat pendaftaran dan tidak tergoda oleh tawaran orang baik ,masyarakat umum maupun Anggota Polri yang bersedia meluluskan menjadi Anggota Polri dengan bayaran sejumlah uang dengan nominal tertentu."Ungkapnya. 


 Jika ada janji meluluskan dengan membayar sejumlah uang agar dilaporan ke bidang Propam Polda NTT dan tidak melakukan kesepakatan bersama untuk membayar jika dinyatakan lulus. Sebab bisa saja yang lulus adalah mereka yang benar-benar memenuhi syarat dan dinyatakan lulus, bukan karena membayar sejumlah uang ke oknum polisi."tandas darius beda daton. 


Dalam pertemuan ini, saya menerima informasi perkembangan penanganan dumas yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran disiplin anggota Polri di NTT. 


Saya memang kerap meneruskan komplain masyarakat yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran displin polri kepada Kabid Propam sebagai penegak hukum pelanggaran displin internal Polri dengan harapan,agar dilakukan penegakan semata-mata demi meningkatkan kepercayaan publik kepada institusi Polri."jelas beda daton.  


Saya antusias mendengar semua upaya penegakan displin yang sudah dilakukan Kabid Propam Polda NTT bagi anggota yang terbukti bersalah. Bahkan beberapa diantaranya tertangkap tangan oleh tim Propam Polda NTT. Ini menjadi bukti keseriusan bidang Propam membersihkan anggota yang nakal."pintanya .


"Lanjutnya lagi Saya yakin penegakan displin yang keras tersebut akan berdampak pada perbaikan layanan institusi Polri dan bermuara pada peningkatan kepercayaan publik pada Polri. "tegasnya.


Saya selalu berpesan; perubahan belum tentu membawa perbaikan, tetapi dapat dipastikan bahwa untuk menjadi lebih baik, segala sesuatu harus berubah. Mari kita sama-sama berubah."harap ombudsman. 


 Tetap semangat dan teruslah melayani masyarakat NTT  dengan lebih sungguh, selanjutnya kepala Ombudsman menyampaikan Terima kasih banyak kepada komandan Dominicus atas kunjungan dan diskusi ini. Semoga bermanfaat bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur ."tutup darius.(*)

Baca juga