HEADLINE

DARIUS BEDA DATON MENGHADIRI UNDANGAN DARI POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI KUPANG MENUJU ZONA INTEGRITAS

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Kepala OMBUDSMAN RI PERWAKILAN NTT Darius Beda Daton SH  menghadiri undangan Politeknik Pertanian Negeri Kupang (Politani) dalam rangka pencanangan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di lingkungan Politani. kamis, 25/5/23) Saya ikut menjadi saksi penandatangan pakta integritas seluruh pegawai dan penandatanganan komitmen bersama. 


Hadir saat saat itu Direktur dan para Wakil Direktur,  seluruh ketua program studi dan stakeholders terkait. Sebagai saksi, saya menyambut gembira tekad dan keinginan kuat jajaran Politani Kupang  dalam pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di lingkungan kerjanya. 


Dalam sambutan, saya menyampaikan bahwa  Politeknik Pertanian Negeri Kupang adalah perguruan tinggi pertama yang saya hadiri dalam pencanangan Zona Integritasnya. 


Semoga pencanangan hari ini menjadi contoh yang bisa diikuti perguruan tinggi lainnya di NTT sebab perguruan tinggi dan dunia pendidikan adalah penjaga moral." jelas Darius 


 Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.


 Saat menjadi saksi pencanangan ZI saya selalu berharap agar penandatangan pencanangan zona integritas ini tidak sekedar seremonial belaka. Tidak sekedar agar kita memenuhi syarat mendapatkan tunjangan kinerja atau penghargaan lainnya tetapi harus ada perbaikan nyata pada loket-loket pelayanan, utamanya pada prodi-prodi yang melaksanakan tugas pelayanan publik. "harap ombudsman 


Nilai-nilai kejujuran, loyalitas, komitmen dan niat memperbaiki harus merasuk dalam sanubari seluruh aparatur negara agar hak-hak masyarakat untuk dilayani dengan baik dapat terpenuhi.


 Kita harus bisa memastikan bahwa dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat,  tidak ada praktek percaloan, harus bebas pungli, petugas responsif, prosedur pelayanan yang jelas, biaya yang transparan, dan kepastian waktu pelayanan. Pembangunan Zona Integritas dianggap sebagai role model Reformasi Birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas."tegas beda daton. 

Dengan demikian pembangunan Zona Integritas menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di pemerintahan. Semakin banyak instansi yang membangun integritas birokrasinya melalui pencanangan zona integritas tersebut, tentu akan semakin bagus pelayanan kepada masyarakat kita. Selain itu, upaya ini juga bisa mencegah penyimpangan dan dapat melindungi aparatur kita dari tindakan koruptif. "sebut ombudsman 


Saya mengucapkan terima kasih  kepada seluruh tim Zona Integritas Politani Kupang atas pencanangan ini. Tetap semangat dan teruslah melayani dengan lebih sungguh." tutup darius (*)



Baca juga