HEADLINE

Perdana, Kepala Badan Karantina Indonesia Tinjau Fasilitas dan Layanan Perkarantinaan Kupang

 

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Kepala Badan Karantina Indonesia (BARANTIN), Sahat Manaor Panggabean melakukan kunjungan kerja ke Karantina Kupang. Kunjungan ini menjadi suatu kehormatan bagi Karantina Kupang, selain perdana juga merupakan UPT kedua di luar Pulau Jawa yang dikunjungi sejak di lantik oleh Presiden RI, 13 September 2023 lalu. 


Sahat dalam kunjungannya disambut oleh Khaerudin PLT Kepala Karantina Pertanian Kupang disertai yel yel yang penuh semangat oleh seluruh pegawai. Sahat juga menyapa seluruh pegawai di 13 Wilayah Kerja Karantina Kupang, dari Pulau Sumba hingga Batas Negara RI-RDTL melalui daring dan luring. 


"Karantina Pertanian dan Karantina Ikan telah bergabung menjadi Badan Karantina Indonesia, yang langsung bertanggung jawab kepada Presiden. Harapannya kita lebih punya power, kerena tugas dan fungsi Karantina Indonesia sangat penting bagi Indonesia. Tugas ini berat, diibaratkan kita adalah pahlawan yang menjaga negeri dari serangan hama penyakit, jadi harus KUAT yaitu Kompeten, Unggul, Amanah dan Tangguh,” tegas Sahat di ruang rapat Karantina Kupang dalam arahannya kepada seluruh pegawai.


PLT Kepala Karantina Kupang, Khaerudin juga memaparkan kekuatan dan pencapaian yang telah diraih oleh Karantina Kupang dalam menjalankan tugas, serta mengutarakan kebutuhan fasilitas pendukung yang diperlukan untuk lebih meningkatkan efektivitas operasional karantina di wilayah tersebut.


Sahat secara langsung memeriksa fasilitas dan sistem yang telah diterapkan oleh Karantina Kupang, dari ruang Pelayanan, Laboratorium hingga Instalasi Karantina Hewan (IKH). “IKH ini termasuk salah satu IKH yang terbesar, hal ini menunjang pengiriman sapi yang sangat tinggi dari Pulau Timor. Sampai dengan bulan Oktober ini telah mencapai lebih 95 ribu ekor sapi yang dikirim ke berbagai Wilayah Indonesia,” jelas Khaerudin saat mendampingi Sahat meninjau IKH. 


“Melihat sendiri proses layanan yang sudah berjalan, saya sangat optimis dan berharap kedepan karantina hewan, ikan dan tumbuhan yang telah bersatu dalam BARANTIN menjadi lebih solid, memberikan layanan terbaik bagi masyarakat serta terus menjaga integritas dalam bekerja,” tutup Sahat. (*)


#LaporKarantina 

#KarantinaPertanianKupang

Baca juga