HEADLINE

KEPALA OMBUDSMAN RI PERWAKILAN NTT MENGHADIRI RAPAT KERJA DAERAH KANTOR PERTANAHAN SE-NTT

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com, Kepala  OMBUDSMAN NTT Darius Beda Daton menghadiri undangan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi NTT dalam rangka mengikuti Rapat Kerja Daerah Kantor Pertanahan se-NTT di Hotel Aston Kupang. belum lama ini. 


 Hadir dalam Rakerda tersebut, Kepala Kanwil BPN Provinsi NTT, Dr. Hiskia Simarmata dan jajaran, Kepala KPKNL Kupang dan para kepala kantor pertanahan se-NTT. 


Pada kesempatan tersebut, saya menyerahkan hasil penilaian penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 kepada beberapa kantor pertanahan yang memperoleh opini penilaian tertinggi dan tinggi. Ketika diberi kesempatan menyampaikan sambutan singkat sebelum penyerahan sertifikat penilaian, saya menyampaikan apresiasi kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Lembata yang memperoleh score 89.16 kategori A dengan opini penilaian kualitas tertinggi. Score ini mengalami peningkatan dari penilaian tahun 2022 dengan score 84.01 kategori B dengan opini kualitas tinggi. Piagam lain saya serahkan kepada kantor Pertanahan Ende dengan kategori B score 87.80, 


Kantor Pertanahan Kabupaten Kupang dengan kategori B score 83.13 dan Kabupaten Sumba Tengah dengan kategori B score 83.19. Kantor Pertanahan Kabupaten Sikka yang pada tahun 2022 memperoleh score tertinggi 93.91 zona hijau kategori A dengan opini kualitas tertinggi  mengalami penurunan score pada tahun 2023 ke zona kuning kategori C dengan score 76.76 opini kualitas sedang. Demikian dengan kantor pertanahan Kabupaten Flores Timur yang pada tahun 2022 mendapat score penilaian 88.45 zona hijau kategori B turun ke kategori C zona kuning dengan score 75.02. "pungkas ombudsman. 


Sebanyak 7 kantor pertanahan mengalami penurunan score penilaian dari sebelumnya pada tahun 2022 berada di zona hijau dengan opini kualitas tertinggi dan tinggi kategori A dan B turun ke zona kuning dengan opini kualitas sedang dengan kategori C.

 Tujuh kantor pertanahan tersebut antara lain; Kabupaten Sikka, Flores Timur, Sumba Barat Daya, Manggarai Timur, Sabu Raijua, Manggarai dan TTS. Meski demikian terdapat 3 kantor pertanahan mengalami peningkatan hasil penilaian dari zona kuning opini kualitas sedang dengan kategori C meningkat ke zona hijau dengan opini kualitas tinggi kategori  B antara lain Kantor Pertanahan TTU, Sumba Tengah dan Sumba Timur. Hasil penilaian untuk masing-masing kantor pertanahan telah dikirim. "sebut Darius. 


Saya berharap semua kantor pertanahan mencermati apa saja variabel penilaian yang dinilai kurang agar diperbaiki pada penilaian tahun 2024 yang akan dimulai pada akhir Juni – Oktober 2024. Terima kasih kepada Kepala Kanwil BPN Provinsi NTT, Dr. Hiskia Simarmata dan jajaran atas undangan menghadiri rapat kerja ini. Semoga bermanfaat bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur. "harap ombudsman. (*/jhi)



Baca juga