HEADLINE

LPTQ NTT MENYELENGGARAKAN MUSABAQAH TILAWATIL QURAN KE- XXIX TINGKAT PROVINSI NTT


 KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Nusa Tenggara Timur  menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke- XXIX tingkat provinsi Nusa Tenggara Timur di kota Kupang lingkungan Kampus Universitas Muhammadiyah Kupang pada, Sabtu, (25/06/2022).


Kegiatan yang melibat 22 kafilah ini mengakat temah “Melalui Penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi NTT, Kita Perkokoh Komitmen Kebangsaan untuk Mewujudkan Visi NTT Bangkit Menuju Sejahtera Dalam Bingkai NKRI Berdasarkan Pancaasila”.


Turut hadir dalam kegiatan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, anggota DPRD provinsi NTT Ir. Muhammad Ansor, unsur FORKOPIMDA provinsi NTT, bupati dan Walikota Se-NTT, ketua Majelis Ulama Indonesia provinsi NTT dan kota Kupang, Uskup Agung, Sinode Gemit, PHDI, Walubi dan pimpinan ORMAS dan Partai Politik tingkat provinsi NTT, Kakanwil Kementerian Agama provinsi NTT dan Kakan Kemenag kabupaten/kota Se- NTT, ketua umum LPTQ provinsi NTT dan ketua umum LPTQ kabupaten/kota Se- NTT, Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang, Imam Masjid Se- kota Kupang, dewan hakim, para kafilah, dan seluruh peserta MTQ.

"Dalam sambutan ketua umum panitia pelaksana Drs. Ambo,M.Si, menyampaikan bahwa  dalam rangka mengembangkan dan memperluas wawasan keagamaan, mengembangkan syiar Islam, meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang Al- Qur’an, mempertebal keimanan, memperkokoh ukhuwah Islamiyah serta meningkatkan kualitas kehidupan beragama bagi umat Islam, maka penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an menjadi salah satu sarana yang sangat penting dan strategis.


Ambo, sapaan akrab peria kelahiran kota Bima provinsi NTB, yang juga merupakan sekretaris dinas pendidikan di kota Kupang ini menambahkan bahwa dalam konteks ini, penyelenggaraan MTQ yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali,  tidak hanya dimaknai sebagai kegiatan seremonial dan ajang perlombaan semata, melainkan lebih dari itu, MTQ menjadi media dan sarana yang strategis, untuk membangun dan memperkuat kembali kualitas keimanan umat Islam, yang saat ini sangat rentan terpengaruh akibat modernisasi dan globalisasi, serta derasnya arus informasi yang menjadikan dunia semakin kecil dan tidak terbatas,  sehingga berdampak pada mudahnya disusupi olah paham- paham yang radikal. 


Dirinya berharap dengan menyiarkan dan mendengarkan lantunan ayat- ayat suci al qur’an  dari qori’/qori’ah dan hafidzh/ hafidzah, segala bentuk masalah ataupun virus covid-19 segera sirna dan hengkang dari bumi ntt bahkan di seluruh nusantara maupun dunia. aamiin yaa robbal ‘aalamiin.


“Maksud dan tujuan penyelenggaraan mtq ke 29 tingkat provinsi NTT tahun 2022 adalah, mempersiapkan qori’, qori’ah, hafidzh dan hafidzah, yang akan mewakili provinsi NTT pada ajang MTQ tingkat Nasional Ke-29 tahun 2022 yang insya Allah akan diselenggarakan pada tanggal 10 dan 19 Oktober 2022 di Kalimantan Selatan.” ungkap Ambo


“Menumbuhkembangkan gairah umat Islam khususnya generasi milenial Islam agar lebih meningkatkan upaya dalam menggali, mengembangkan, mencintai dan membumikan Al- Qur’an, dalam semua dimensi kehidupanya.”tutup Ambo.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (Drs. Josef A. Nae Soi,. M.M), dengan memukul beduk sebagai tanda dibukanya acara MTQ Ke- XXIX tingkat provinsi Nusa Tenggara Timur. (Fathur)

Baca juga