HEADLINE

Kasrem 161/WS, Hadiri Gebyar Takbir Flobamorata Memperingati Hari Raya Idul Fitri 1444 H/ 2023 M

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kolonel Cpl. Simon Petrus Kamlasi di dampingi oleh Kasiter Kasrem 161/WS Kolonel Kav.Djefri Marsono Hanok, hadir pada kegiatan gebyar takbir flobamorata. Dengan tema ; menenun keberagaman, wujudkan NTT Bangkit Sejahtera" dan pawai takbiran laut, dengan tema; "gema takbir, gema kemenangan insan manusia taqwa". Dua kegiatan ini melibatkan TNI dan Polri di wilayah Kota Kupang, Jumat (21/04/2023).


Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.I.K., M.Hum, Danlanud Eltari Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan, Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kolonel Cpl.Simon Petrus Kamlasi bersama tokoh agama memukul beduk menandai pelaksanaan gema takbir menyambut 1 Syawal 1444 Hijriah di Kota Kupang Jumat malam.Pemukulan beduk yang dipusatkan di kawasan ruas Jalan Eltari Kota Kupang tepatnya di depan Gereja Anugrah tersebut dilakukan oleh Petinggi TNI Polri ini secara bersama-sama.Selain itu, sejumlah pemuka agama lain juga terlibat memukul beduk bersama.


Laporan ketua panitia penyelenggara gebyar takbir flobamora, Gulam Remszz menyampaikan, Kami berterima kasih sebesar-besarnya kepada bapak Kapolda, bapak Kasrem 161/Wira Sakti dan bapak Danlanud Eltari yang masih menyempatkan waktunya hadir di tengah-tengah kita, ini perlu kami informasikan kepada bapak ibu semua yang hadir pada malam hari ini, karena ingin melihat, menyaksikan proses pelaksanaan Takbiran diberbagai titik, ini adalah wujud suport yang sangat luar biasa bagi kami sebagai generasi muda. "Kami sebagai panitia menegaskan jangan sampai mengganggu Kamtibmas, sebagai generasi muda kami ingin terus menciptakan kegiatan-kegiatan yang positif dari Sosial, Keagamaan agar Kota/Daerah ini tetap menjadi Kota Kasih menjadi Daerah Nusa Toleransi". ucap Gulam.


Kami berpesan, sebagai generasi muda yang  peduli terhadap keberlangsungan pembangunan NTT, sebab jika tidak ada kerukunan dan kondusifitas maka program-program Pemerintah, Kepolisian danTNI tentu tidak akan berjalan dengan baik. "Sebagai generasi muda kota Kupang NTT kami akan terus bekerjasama bergandengan tangan memastikan bahwa Lonceng Gereja akan berbunyi bersahutan dengan kumandang Adzan bersamaan dengan lirik nya  dan nyanyian do'a-do'a di Pura saudara kita yang beragama Hindu, kami akan memastikan itu akan terus terjadi, kami akan memegang tongkat Estafet keberlangsungan NTT kedepan".ujarnya.


Usai rangkaian beriring-iringan, Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kolonel Cpl.Simon Petrus Kamlasi dalam hal ini mewakili Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., menyampaikan betapa indah nya saya hadir dalam takbir Akbar menyambut hari Lebaran di Kampung sendiri, ini lah NTT Nusa indah Toleransi, biarkanlah ini menjadi kabar baik kepada seluruh umat di dunia bahwa inilah contoh bagaimana umat Kristiani dan Islam serta Agama yang lain hidup berdampingan dan juga Aparat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan semua lapisan masyarakat ikut berbahagia. "Selanjutnya saya atas nama pribadi dan satuan jajaran TNI AD di NTT atas nama Komandan Korem 161/Wira Sakti, saya menyampaikan selamat Hari Lebaran 1444 H Mohon Maaf Lahir Batin, maafkan kami semua termasuk prajurit di NTT, do'kan kami untuk terus melanjutkan pengabdian terbaik kami pada NTT ini",ungkap Kolonel Simon.


Malam yang sama juga para nelayan memeriahkan malam takbiran di sepanjang pantai mulai dari Pelabuhan Nun Baun Sabu hingga dengan Pantai Kelapa Lima. Pawai dilaksanakan pada Jumat malam ini, sekira pukul 22.15 Wita diramaikan oleh 50 kapal nelayan yang dihiasi berbagai pernak-pernik dan lampu hias. Kapal-kapal di bawah Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) NTT ini juga memutarkan berbagai musik meriah. 


Masyarakat sangat antusias menyaksikan takbiran laut ini dan memenuhi pelabuhan itu saat pelepasan dilakukan oleh PJ Walikota Kupang dan perwakilan NU. Pelepasan itu disambut juga dengan kembang api yang ditembakkan ke langit dari atas kapal-kapal itu. Untuk takbiran di laut ini juga dilakukan tidak terlepas dari komunikasi yang dibangun dengan pemerintah setempat. Dalam pelaksanaannya juga tidak terlepas dari keterlibatan pemuda non muslim.TNI AD, AU, AL dan Polri.Selalu menjaga toleransi karena itu yang menjadi identitas kita NTT.


Adapun waktu takbir keliling darat di mulai pukul 21.00 sampai dengan 22.00 wita dan takbir lautan pada pukul 21.00 sampai dengan 23.30 wita, adapun Rute takbir keliling di mulai dari depan Gereja Anugrah Jl El -Tari -Kuanino - Oeba - Pasir Panjang - Fatululi - Oebobo - Gereja Anugrah dan takbir Lautan, dari Dermaga Rakyat Kel.Nunbaun Sabu sampai Pantai kelapa lima depan Hotel Aston. "Adapun Personel patroli Keliling di pimpin oleh Kapten Inf Basri gabungan TNI dan Polri untuk takbir Lautan di pimpin oleh Mayor Inf Insan personil gabungan TNI dan Polri",kata Mayor Inf Insan di sela-sela kegiatan saat di pantai Kelapa lima depan Aston Kota Kupang.( *Penrem*)

Baca juga