HEADLINE

SEMARAK HUT PGRI KE 77 TINGKAT KABUPATEN FLORES TIMUR NTT

flotim;Jejakhukumindonesia.com,Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Flores Timur memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke 77 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 secara terpusat, tingkat Kabupaten di Desa Lewotobi, Kecamatan Ile Bura, Rabu-Jumat (23-25/11/2022).


Semarak HUT PGRI ke 77 tingkat PGRI Kabupaten Flores Timur dimulai dari Taman Kota Felix Fernandez Larantuka. PGRI Flores Timur berkolaborasi dengan sekolah-sekolah di Kota Larantuka untuk melibatkan siswa-siswinya dalam mengisi acara budaya kesenian. Ada enam Sekolah yang berpartisipasi mengisi acara diantaranya, SDK Larantuka II memainkan kepiawaian dalam atraksi Drum Band. Mendongeng di isi siswa SDK Carmen Salles. SMPK St. Gabriel Berpuisi, SMAK St. Fransiskus Asisi Larantuka menarikan Tarian Wonderland. SMAN 1 Larantuka berjenaka dan SMAS PGRI Larantuka Bermusikalisasi Puisi. 


Taman kota sebagai pilihan tempat singgah dan dimanfaatkan secara kreatif untuk menyalurkan bakat minat anak. Tidak hanya itu, Orang Indonesia (OI) Adonara Komunitas kreatif yang bergerak di dunia seni, budaya dan sosial hadir dengan sajian musik yang sangat memukau penonton. 


Acara lainnya yang diisi di Taman Kota Felix Fernandez yakni, Orasi Pendidikan oleh, Silvester Sina Wuan, Wakil Koordinator Pengawas Dinas PKO Kabupaten Flores Timur, orasi solidaritas PGRI oleh Egidius Demon Lema, Wakil Ketua PGRI Kabupaten Flores Timur, Orasi Kebangsaan oleh Bung Sila, Perintis Misi Pancasila, orasi budaya  Mikhael Boro Bebe, budayawan,  orasi merdeka belajar oleh Muhammad Soleh Kadir, Ketua Agupena Flores Timur, orasi literasi oleh Oktavianus Bali, Pengelola Pondok Baca Nubun Puhun Honihama dan orasi advokasi PGRI oleh Rofin Kopong, Tim advokasi PGRI Flores Timur.


Rombongan secara resmi dilepaskan oleh Maksimus Masan Kian, Ketua PGRI Kabupaten Flores Timur. Acara di lanjutkan dengan melakukan perjalanan ke Desa Lewotobi,  kecamatan Ilebura. Ada 3 titik penyambutan awal. Mulai dari PGRI Cabang Demon Pagong di Desa Lewokulok, selanjutnya penyambutan di Lewolaga oleh PGRI Cabang  Titehena dan titik ketiga tepat di cabang Nobo jalan menuju ke Desa Lewotobi, Kecamatan Ile Bura. Penyambutan yang dilaksanakan sungguh luar biasa. Jauh dari ekspektasi para Guru. Di tempat penyambutan diisi dengan berbagai acara tarian, musik dan lagu -lagu daerah

Menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 50KM rombongan tiba di gerbang masuk ke Desa Lewotobi. Para guru se Kecamatan Ile Bura dan juga masyarakat, tumpah ruah ke jalan menyambut kehadiran para guru. Bersama Pemerintah kecamatan, pemerintah desa, tokoh masyarakat dan tokoh muda melakukan penerimaan secara adat dan melalui tarian adat dan drum band rombongan berarak menuju ke lokasi kegiatan, selanjutnya sapaan selamat datang dan pembagian penginapan di masing-masing rumah warga.


Keesokan harinya, kamis tanggal 24 November 2022 pagi dilaksanakan Seminar Nasional. Momentum yang dirindukan oleh para guru karena PGRI mengundang para stakeholder dunia Pendidikan untuk sama-sama meramu gagasan dalam membangun dunia pendidikan di daerah. Tidak hanya itu, forum ilmiah yang tercipta juga untuk membuka ruang penyampaian aspirasi para guru kepada elemen terkait.


Seminar Pendidikan dengan topik "Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar dan Merdeka Berinovasi" menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya, Harsiana Wardani, Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional, Ismi Fajarsih, Guru Berprestasi, dari Yogyakarta, Alexander Take Ofong, Ana Waha Kolin, Anggota DPRD NTT, Yosef A. Bapaputra, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Skolastika Susanti Tufan, Guru Penggerak, Romo Thomas Labina, Ketua Yapersuktim dan Egidius Demon Lema, Wakil Ketua PGRI Flores Timur . Ada sejumlah refleksi dan rekomendasi yang dihasilkan pada kegiatan ilmiah ini, salah satunya adalah, mendorong PGRI membuat peta jalan pendidikan Flores Timur.


Malam harinya, di tanggal 24 november 2022, dilaksanakan final lomba paduan suara Mars PGRI dan Lagu Darrah  yang memperebutkan juara 1-3. Panggung yang sama, diisi juga dengan tarian tradisional, musikalisasi puisi, musik dan lagu -lagu daerah dari sekolah se Kecamatan Ile Bura

Puncak HUT PGRI ke 77 jatuh pada Hari Jumat tanggal 25 November 2022 dilaksanakan Apel bendera yang dihadiri oleh Gubernur NTT yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur NTT Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dr. Marius Jelamu M.Si. Hadir juga Kepala Dinas PKO Kabupaten Flores Timur, Felix Suban Hoda, Ketua Dewan Pendidikan, Bernadus Beda Keda, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Koordinator Pengawas Dinas PKO Flores Timur, Kapolres Flores Timur, Dandim 1624, Camat Ile Bura, Camat Wulanggitang, Camat Solor Barat, Pastor Paroki Lewotobi, Kepala Desa Lewotobi, Tokoh Adat, Tokoh masyarakat dan para guri.


Pada moment ini diisi juga oleh PGRI Kabupaten Flores Timur untuk memberikan sejumlah piala dan piagam penghargaan untuk Para Narasumber Seminar, Pemenang Lomba Paduan Suara, PGRI Cabang yang sangat aktif, Lomba tata taman, Guru inspiratif, Kepala Sekolah yang berpartisipasi aktif dalam mendorong sekolah untuk terlibat memanfaatkan wadah kreatif, dan penghargaan lainnya.


Maksimus Masan Kian mengatakan, pelaksanaan HUT PGRI secara terpusat tingkat Kabupaten Flores Timur adalah upaya memupuk rasa solidaritas dan soliditas antara guru di Kabupaten Flores Timur. "Mari terus bersatu bergandengan tangan melahirkan gagasan dan bersama merealisasikan untuk kepentingan bersama para guru di Kabupaten Flores Timur. Berkegiatan secara terpusat di pelosok, menginap dengan warga di rumah, meninggalkan keluarga, adalah wujud solidaritas nyata, bagaimana semua anggota mengikat diri dalam satu wadah guru yakni PGRI. Kiranya terobosan yang baru berjalan dua tahun ini, tetap dijaga dan dilestarikan," kata Maksi

Markus Malaka, Ketua PGRI Cabang Ile Bura mengatakan puas, legah, haru dan bangga atas suksesnya pelaksanaan HUT PGRI ke 77 di Desa Lewotobi, Kecamatan Ile Bura."Sebagai Ketua PGRI Cabang Ile Bura, saya merasa puas, legah, haru dan bangga atas suksesnya pelaksanaan HUT PGRI ke 77 di Desa Lewotobi. Kami belajar banyak hal tentang solidaritas dan arti dari sebuah perjuangan guru. Kiranya kegiatan ini tetap dilanjutkan karena memberi dampak yang sangat positif di kalangan guru,"kata Markus.(*)

Baca juga