HEADLINE

234 Prajurit Korem 161/WS Dapat Kenaikan Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi 01 April 2023.

KUPANG;Jejakhukumindonesia.com,Sebanyak 234 prajurit Korem 161/Wira Sakti mendapatkan kenaikan satu pangkat lebih tinggi dari pangkat semula, sebagai bentuk penghargaan negara atas dedikasi dan profesionalisme prajurit dalam menjalankan tugas. Upacara kenaikan pangkat periode 1 April 2023 itu, digelar di Aula Sudirman Makorem 161/Wira Sakt, Senin (03/04/2023) dipimpin langsung oleh Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M.


Diketahui dari 234 anggota yang naik pangkat itu, diantaranya 7 perwira  terdiri dari Letkol ke Kolonel 1 orang yaitu Kepala Seksi Perencanaan Korem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Salim, Kapten ke Mayor 2 orang,letda ke Lettu 4 orang. Bintara 194 orang terdiri dari, Pelda ke Peltu 7 orang, Serma ke Pelda 9 orang, Serka ke Serma 18 orang, Sertu ke Serka 43 orang, Serda ke Sertu 116 orang dan Serda ke Sertu Penghargaan 1 orang. Tamtama 33 orang terdiri dari, Koptu ke Kopka 7 orang, Kopda ke Koptu 13 orang, Praka ke Kopda 7 orang, Pratu ke Praka 6 orang.


Dalam sambutanya Komandan Korem 161/Wira Sakti pada Acara Laporan Korps Kenaikan Pangkat Para Prajurit Korem 161/Wira Sakti, Periode 1 April 2023 menyampaikan, "secara keseluruhan para Prajurit jajaran Korem 161/Wira Sakti yang mendapat penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya, antara lain ; dari Lekol ke Kolonel 1 orang, Kapten ke Mayor 2 orang, Letda ke Lettu 4 orang, untuk Bintara berjumlah 193 orang dan Tamtama 34 orang. " pada kesempatan ini, saya atas nama Komando dan pribadi mengucapkan selamat kepada para Prajurit yang mendapat penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari  pangkat semula. Bagi para anggota yang belum memperoleh kenaikan pangkat atau golongan pada waktunya, agar jangan berputus asa, mari lakukan evaluasi berbagai kekurangan dan kendala yang dihadapi, tekun berdoa dan berbuat yang terbaik serta terus berkoordinasi dengan bidang Personalia. "Dan diharapkan Bidang Personalia selalu mendata serta berupaya membantu para anggota yang layak mendapatkan penghargaan kenaikan pangkat dan golongan, namun terkendala dalam pengurusannya",ucap Brigjen Febriel.


Lebih lanjut di katakan, "perlu dipahami bahwa kenaikan pangkat, bukan merupakan hak bagi para Prajurit, akan tetapi sebagai wujud penghargaan dari negara dan pimpinan, atas  dedikasi dan pengabdian para Prajurit dan PNS kepada Satuan, Bangsa dan Negara, yang diberikan melalui berbagai seleksi dan kriteria penilaian yang obyektif dengan mengacu pada Kedisiplinan, Loyalitas, Kesetiaan serta Kualitas dan Potensi Kerja dari setiap anggota, yang harus terus dipertahankan bahkan ditingkatkan", kata dia.


Tugas pokok Korem 161/Wira Sakti sebagai pelaksana Kodam IX/Udayana, dalam mendukung kelancaran dan suksesnya tugas pokok TNI Angkatan Darat, baik dalam pelaksanaan  tugas  pertahanan negara maupun dalam mendukung pemerintah guna percepatan pembangunan di wilayah Nusa Tenggara Timur, sangatlah dinamis dan kompleks dengan berbagai tantangan, sehingga membutuhkan adanya kesadaran dari setiap individu Prajurit jajaran Korem 161/Wira Sakti, untuk senantiasa memiliki semangat kesungguhan, kekompakan dan sinergitas yang tinggi dalam setiap pelaksanaan tugas pengabdiannya

Dengan demikian harapan saya, penghargaan kenaikan pangkat ini akan lebih memotivasi peningkatan semangat pengabdian para  prajurit  yang  menerimanya  dan mampu dipertanggungjawabkan dengan sungguh-sungguh kepada negara dan satuan sesuai fungsi tugas dan jabatan masing-masing. Sadari dan ingatlah selalu !, bahwa pangkat dan jabatan yang telah kita terima, adalah kepercayaan serta kehormatan dari negara dan pimpinan. "Terlebih dari itu merupakan berkat dan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa yang wajib senantiasa disyukuri dan   dipertanggungjawabkan secara jasmani dan rohani, baik dalam pelaksanaan tugas pengabdian maupun dalam kehidupan sehari-hari". Pungkasnya.


Hadir pada kegiatan ini, Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti, Para Kasi Korem 161/Wira Sakti Para Dan Kabalak Aju Kodam IX/Udayana Ketua Persit KCK Koorcab Rem 161 PD IX/ Udayana, Wakil Ketua Persit KCK Koorcab Rem 161 PD IX/Udayana dan pengurus para Bintara dan Tamtama Korem 161/Wira Sakti.( *Penrem*)

Baca juga