HEADLINE

Danrem 161/Wira Sakti Buka Persami Saka Wira Kartika Tahun 2024 di Kupang

 

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., membuka acara Perkemahan Sabtu Minggu Saka Wira Kartika Tahun 2024 di Kp. Konabau,Kel.Fatukoa Kec. Maulafa Kota Kupang, Sabtu (04/02/2024).


Kepala Staf Angkatan  Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dalam amanatnya yang di bacakan Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M. mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak panitia atas terselenggaranya kegiatan ini.


" Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah merencanakan dan menyiapkan kegiatan hari ini sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Semoga  kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan  pengetahuan tentang Kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, termasuk Pramuka", kata Kasad.


Lebih lanjut dikatakan bahwa TNI AD melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan  jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda bangsa agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi   yang   mampu   dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.


Kemudian disampaikan tujuan dari kegiatan Perkemahan Sabtu dan Minggu Saka Wira Kartika kepada generasi muda.


" Adapun tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang  nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar", jelas Kasad 


Oleh karena itu, kata Kasad, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah   pemanasan global.  Hal ini selaras  dengan tema kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu Saka Wira Kartika Tahun 2024 yaitu "Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan  Hutan dan Lahan Basah", yang sejalan  dengan  poin Dasa Darma Pramuka yang kedua berupa "Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia".


Diakhir amanatnya, Kasad berpesan kepada adik-adik Pramuka Saka Wira Kartika agar menjadi generasi muda  bangsa  yang  disiplin, mandiri, memiliki semangat bela negara, serta rasa kepedulian dan bertanggung  jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar.


Usai kegiatan upacara pembukaan dilanjutkan dengan kegiatan karya bakti berupa penanaman 1.000 pohon dan mengikuti Vicon bersama Kasad pada kegiatan pembukaan persami di tingkat pusat.


Kegiatan Persami Saka Wira Kartika ini akan dilaksanakan selama dua hari kedepan, dan diikuti oleh 60 orang anggota Saka Wira Kartika Nusa Tenggara Timur (NTT) binaan Korem 161/Wira Sakti.


Adapun kegiatan karya bakti yang akan dilaksanakan berupa penanaman pohon, pembersihan tempat ibadah dan lingkungan, pelayanan kesehatan gratis. Kemudian dilanjutkan berbagai Krida Saka Wira Kartika.


Turut hadir pada kegiatan pembukaan ini Yang mewakili Pj Gubernur NTT, yang mewakili Danlantamal VII Kupang, Yang Mewakili Danlanud El Tari Kupang, Yang mewakili Kapolda NTT, Ketua Kwarda Pramuka Prov NTT Kasrem 161/Wira Sakti, Para Kasi Kasrem 161/Wira Sakti, Dandim 1604/Kupang, Para Danka Balak Aju Kodam IX/Udayana, Perwakilan dari TNI AD, AL, AU, Polri, tokoh masyarakat, tokoh adat,tokoh pemuda dan sejumlah undangan lainnya.( *Penrem*)

Baca juga